Yuk Tiru Pola Hidup Sehat Bersiwak Sang Suri Tauladan Kita Nabi Muhamad


Islam sangat mencintai kebersihan.Contohnya nabi Muhamad suri tauladannya umat islam. Maka ia menjadi contoh umat manusia. Begitu juga giginya Salah seorang sahabat nabi yakni Ibnu Abbas "ada celah diantar gigi serinya. Jika Beliau berbicara ada cahaya memancar dari gigi serinya itu." HR. Ad- Darimy 

Selain itu menurut islam menjaga kesehatan gigi sangat penting. Umumnya kita sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung kimia tapi nabi kita dengan bersiwak adalah bahan alami. Bila kita umat nabi dan ingin meniru gaya sehat nabi dalam bersiwak  dalam hadist riwayat Ahmad dan Ibnu Majah:

اَلسِّوَاكُ مِطْهَرَةٌٌُ لِلْفَمِ مَرْ ضَاةٌُ لِلرَّبِّ"Siwak adalah pembesih mulut dan sebab ridhonya Rabb." Sabda Rasulullah SAW, "Hendaklah kamu bersiwak, sebaik-baiknya sesuatu adalah siwak. Menghilangkan lubang, memudahkan keluarnya dahak, menajamkan pandangan, menguatkan gusi, menghilangkan bau, memperbaiki pencernaan, meningkatkan  derajatnya di surga, menyenangkan malaikat, membuat ridha Allah, dan membuat benci setan (HR Abdul  Jabbar Al Khaulani, Menurut As-Suyuti hadis sahih).ternyata dunia pada tahun 1986, Organisasi Kesehatan Dunia atau disebut WHO  penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan mulut kita.

Kapan saja Rasulullah bersiwak:
1. Saat hendak sholat, seperti yang dikemukakan pada hadts diatas adalah beliau selalu bersiwak dan menginginkan umatnya mencontohnya namun tidak mewajibkan hal tersebut karena dinilai bisa memberatkan umatnya. Selain itu karena Allah juga hanya mensyaratkan wudhu sebagai syarat sah sholat.
2. Saat Rasulullah masuk ke rumah dari bepergian, beliau langsung bersiwak. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Syuraih bin Hani yang artinya, ”Aku bertanya kepada ‘Aisyah: “Apa yang dilakukan pertama kali oleh Rasulullah jika dia memasuki rumahnya?” Beliau menjawab :”Bersiwak”.(HR: Muslim, irwaul golil no 72)
3. Ketika bangun pada malam hari, hal pertama yang Rasulullah lakukan adalah mencuci dan menggosok mulut dengan siwak. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Hudzaifah ibnul Yaman, yang artinya: “Adalah Rosululloh jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak”. (HR: Bukhori)
Karena bersiwak sangat banyak manfaat dan hikmah dibaliknya dan suri tauladan kita jadi inspirasi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan