Tradisi Lebaran


Day 25

Ini tema yang di paling ditunggu kita semua yaitu tradisi lebaran. Kalau di keluargaku ada tujuh tradisi lebaran ini dia cekidot:

1. Ketupat dan beraneka kue kering

        Menu lebaran yang harus ada di hari raya setelah sholat iedul fitri kita makan ketupat dengan bumbu opor dan banyak makanan bolu coklat,bolu keju, dan beraneka ragam kue kering seperti nastar,keju, putri salju, dan masih banyak lainnya.Kalau di rumah nenek  mbah atay saudara biasanya dikasih santapan ketupat baru kue kering beraneka macam minuman dan makanan lainnya.

2.Shalat Idul Fitri

        Shalat idul fitri biasanya kita ke masjid komplek membawa sajadah, koran, dan memakai baju terbaik dihari raya dengan bergema takbir dimalam raya sampai idul fitri terlaksanakan. Setelah melaksanakan sholat baru ceramah dan salam-salaman dengan tetangga maupun yang shalat di Masjid Al-Muhajirin. Dan Kita harus sudah bayar zakat, kalau lebih dari itu hanya dianggap sedekah.

3.Buka Parcel


        Kalau mau pergi kerumah mbah,nenek, jalan-jalan ke bandung, atau ke mall biasanya buka parcel kue kering ambil makanan buat diperjalanan kesana. Kalau parcel buah-buahan biasanya di buka duluan durian misalnya dimakan bersama keluarga.

3.Rapat keluarga 

        Bapak ceramah tentang lebaran dan yang berhubungan tentang idul fitri.

4.Minta maaf

           Setelah bapak ceramah tentang idul fitri ialah kemenangan setelah menempuh bulan Ramadhan.anak-anak salaman ke orangtua begitu juga orangtua maupun anak sama-sama saling minta maaf. Karena tahun depan bisa saja kita tidak akan berjumpa lebaran.

5.THR

         Tunjangan hari raya biasanya dikasih uang kalau belum nikah dikasih, kalau sudah menikah dikasih sama suami masing-masing.

6. Bersih-bersih Rumah

           Kalau saudara datang ke rumah bersih-bersih biar menyambut lebaran dan anak ummi ceritanya lagi zona keliling dunia dimensi rumah dengan melangsut doain ya cepet bisa merangkak ya.

7. Berkunjung ke rumah mertua, mbah halteu dan nenek Ciparay

Sekarang dua kali berlebaran kerumah mertua dan yang istimewanya bareng anak pertamaku sang jagoan seperti biasa selalu ke mbah halteu dan kalau di nenek ciparay biasanya berbarengan dengan halal binhalal keluarga kakek dan nenek Ciparay cuman yang barunya bawa anak saja.hehe..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan