Tips Melatih Berpuasa Pada Anak Ala Ummi

Day 21

Dalam islam melatih berpuasa  dini pada anak menjadi kewajiban orangtua muslim. Saat dia sudah baligh nanti karena wajib puasa dapat menjalankan ibadahnya meski mengajarkan puasa kepada anak susah-susah gampang karena sebagai orangtua kita dipertanggung jawabkan apakah mengajarkan anak kita puasa atau tidak seperti dalam surat Qs. At-Tahrim ayat 6:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
Wahai orang-orang yang beriman, lindungilah diri kalian dan keluarga kalian dari neraka.” (Q.s. At-Tahrim: 6)
Sebelum kita melatih dan mengenalkan puasa Ramadhan kita sebagai orangtua harus memberikan contoh dengan abi dan umminya tidak makan dan minum sampai matahari terbenam.Orangtua memberikan kisah-kisah ramadhan seperti kisah para sahabat nabi saat Ramadhan, video ramadhan anak atau masa kecil kita sebagai  bahan cerita yang menyenangkan bagi anak kita sehingga anak kita menjadi bersemangat berpuasa berilah hadiah misalnya jika kamu tamat 30 hari nanti dibelikan benda yang dia sukai, atau uang tabungannya nambah, jalan-jalan ke perpustakaan atau jalan-jalan ke rumah neneknya atau mbahnya.Disamping itu juga katakan kepada mereka bahwa Allah akan menganjar mereka dekat pahala yang berlipat ganda. Hal ini perlu dipahamkan bahwa semata-mata ibadah karena Allah bukan karena hadiah ya.

Selanjutnya buat suasana yang baru menyambut bulan Ramadhan dengan berhias  mading berupa tulisan kata penyemangat berwarna-warni. Setelah berlapar dan berhaus ria hidangkan makanan favorit keluarga. Jangan lupa mengajak anak untuk membantu menghidangkan makanan takjil berbuka maupun sahur sehingga bila sang anak dewasa nanti bisa cerita ke anaknya kelak.

Kita jangan memaksa anak bila berpuasa. Bertahap bila ingin mereka minum atau makan dua jam sesuai kemampuan mereka bila sudah kuat baru kita bisa lepaskan mereka untuk berpuasa agar kelak baligh nanti mereka bisa berpuasa dengan baik.

Ini tips melatih berpuasa ala ummi kalau mommy yang lain gimana?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan