Aih Betapa Rindunya Momen Ramadhan Saat Masih Kecil



Ya aku teringat momen ramadhan saat masih anak-anak ialah momen paling menyenangkan dan tidak bisa terulang. 

Sahur bersama keluarga, saat bangun tidur masih ngantuk jadi harus cuci muka dulu deh ke kamar mandi. Terus minum energen atau teh manis dan baru makan berat juga buah-buahan, minum air putih baru deh imsak dan adzan. Wudhu dan sikat gigi baru sholat jamaah sama mamah, sama mpi, mba zahra,aa, de abdan. Sholat shubuh berjamaah dan bapak ceramah  alias kultum .  Setelah sholat shubuh baru main game  kadang rebutan komputer sama kakak  ya udah tidur aja. Terus temen main kerumah. Setelah asik bermain teman nginep di rumah. Terus pulang lagi setelah dia rindu rumah.

Terus ngabuburit ke griya belanja bulanan terus kalau saya beli kue dan minuman. Terus nunggu buka dengerin kaset bersama kakak-kakak nyanyi  lagu anak-anak. Sampai sekarang hafal lagu anak pada jamannya. Terus aa bikin film  super abdan saya jadi bintang tamunya. Bintang utama adikku yang bernama abdan dan pemain pembantunya dua kakak yang perempuan. Pokoknya seru abis deh. 

Selain itu ngabuburitnya ke toko buku  gramedia sama keluarga. Baca, baca dan baca setelah baca cari buku yang belum dibaca dan ingin dibaca dirumah masing-masing satu buku belinya. Adik juga beli buku yang beda biar bisa tukar buku.Hehe nasib orang suka baca sih...

Yang diingat lagi main kartu remi sama adik dan kakak tepuk nyamuk harus konsetrasi kalau mau menang mah. Monopoli pemainnya 4  orang tapi lama mainnya ada yang jadi banknya. Main ucing sumput sama tetangga plus adik. Main bola sepak campur laki dan perempuan. Main balon tiup.

Takjilnya buat cincau,cendol,sop buah, agar-agar dan kurma dan banyak lagi. Setelah itu sholat maghrib makan nasi sayur kesukaan keluarga sop, dan lauk favorit keluarga ayam goreng. Baru sama-sama ke masjid sholat isya dan tarawih mendengarkan ceramah, tetapi kadang-kadang sholat isya dan tarawihnya dirumah.

Terus banyak tugas sekolah karena waktu itu liburan ramadhan. Terus harus tulis ceramah yang di dengarkan jadi yang ditulis ceramah bapak yang di mushola bukan di masjid dekat rumah. Alhamdulillah  untungnya tugas sekolah sudah dikerjakan jadi tidak dimarahin bu guru. Akhirnya hari yang ditunggu  datang karena bosan dengan namanya liburan waktu itu  pesantren kilat dari kelas 3 sampai kelas 6 sekolah untuk ikutan pesantren kilat. Pakai baju muslimah bebas  jemputan mobil datang menjemput ke rumah masing-masing. Hafalan qur’an, ceramah, belajar kbm seperti biasa sampai jam dua pulangnya. Jadi rindu deh pesantren kilat waktu sd,smp bahkan sma banyak yang berkesan dihatiku.

Bermain sambil belajar pokoknya seru deh. Kalau momen masa kecil saat ramadhanmu kayak gimana cerita yuk di komentar iya. Ditunggu ya.


Komentar

Renayku mengatakan…
Duh jadi nostalgia nih mom.. kalo aku dulu paling sering main congklak kalo ngabuburit alias nunggu adzan magrib.. ah kangen masa kecil
Rizkhaandhini mengatakan…
Moment ramadan yg bikin aq kangen wkt masih kecil habis sholat subuh pergi jalan2 bareng teman2

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan