QOTD Hari Ini

"Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tulisan bisa menembus semua kepala." Sayyid Quthb

Senin, 06 Mei 2019

Q N A Ngabuburit Bersama Buku Keluarga Yang Dirindukan Ramadhan Sepanjang Masa Karya Lilis Rohaeti

Day 1 Ramadhan bersama @bloggerperempuan Q N A dari sahabat jannah jawabannya saya temukan dalam buku keluarga yang dirindukan ramadhan sepanjang masa dan penulisnya ialah ibu guru pai saya bernama Lilis Rohaeti ialah salah satu inspirasi saya. Cekidot:
  •  Apakah ada hadist untuk berbuka puasa?
Rasullah Saw pernah bersabda "Manusia masih dalam kebaikan selama mereka menyegerakan untuk berbuka puasa setelah waktu matahari tenggelam." HR. Bukhori Muslim
  •  Kenapa orang yang beriman harus banyak baca doa?


  " Ketika seseorang yang beriman itu berpuasa baginya ada doa yang tidak tertolak sehingga kita berdzikir memperbanyak doa ketika berbuka puasa." HR. Ibnu Majah

  •  Kalau kita ingin berbuka sunnahnya Rasulullah dengan apa sih?


 Menyegerakan berbuka dengan rutob atau kurma dengan bilangan ganjil, jika tidak ada maka air. Terus baru makanan berat.

  •  Mengapa Rasulullah tidak memperbanyak makan pada waktu berbuka?


   Banyak dari orang-orang yang berpuasa justru salah kaprah mengenai berbuka puasa karena pada saat siang hari ia harus menahan rasa lapar dan haus. Sehingga ia membalaskan dendam dengan makan banyak sebenarnya perlu kita tahu shaum itu melemahkan nafsu. Bila nafsu dilemahkan pada siang hari dan diperkuat  lagi pada malam hari maka shaum kita akan menjadi sia-sia. Naudzubillah. Al-Ghazali menyebut nafsu sebagai kendaraan setan. Dengan makan yang banyak justru  kita akan sulit untuk mendapatkan ibadah secara khusyu. Baik ibadah sholat wajib maupun tarawih, menghatamkan qur'an, dll.

  • Sikap apakah yang harus dimilikihati orang beriman ketika akan berbuka puasa?
Hati orang beriman seharusnya cemas dan harap sebab bila amal shaleh dan ibadahnya tidak diterima tentu Allah akan murka. Bahkan ada riwayat Hasan Al-Basyri "Sesungguhnya Bulan Ramadhan Allah menjadikan bulan tersebut sebagai bulan yang tersembunyi hasilnya. Saling berlomba-lomba mentaatinya. Sebagian berhasil maju dan beruntung. Sebagian lagi kecewa dan tertinggal. Tinggal kita mau memilih yang mana mau jadi orang berhasil atau tertinggal  di bulan Ramadhan.


Sekian bila ada yang mau menambahkan silahkan di kolom komentar iyaaa...

 Wassalamualaikum


Tidak ada komentar: