Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menanti Kelahiran Si Buah Hati?

Setiap ibu menanti kelahiran bayi pasti banyak perasaan yang dirasakan kadang cemas,bahagia menjelang proses persalinan. Sebagai Ummi yang pernah merasakan melahirkan harus mempersiapkan persalinan ibu menjelang kelahiran dan setelah sang buat hati lahir.  Berikutnya, inilah yang harus dipersiapkan ibu.

  1. Persiapan materi untuk menyambut kedatangan sang buah hati:

  • Pakaian bayi
                   Untuk yang satu ini menjadi kewajiban seperti popok bayi karena bayi kecil suka sekali mengompol atau BAB. Sediakan paling tidak 24 popok  bayi belilah popok lebih banyak untuk persediaan. Baju lengan pendek dan panjang sangat dibutuhkan untuk bayi minimal 12 baju lengan pendek dan panjang.Celana bayi digunakan ketika bayi sudah berumur 2 bulan lebih untuk berpergian. Topi bayi,sarung kaki dan sarung tangan untuk menghangatkan kepala tangan dan kaki dari cuaca dingin.

  • Gendongan Bayi
       Nah gendongan bayi ada yang praktis maupun berupa selendang. Kalau praktis biasanya saat kita berpergian. Minimal disediakan dua atau tiga.

  • Tas untuk keperluan bayi
Paling penting cukup untuk keperluan bayi tidak terlalu besar atau kecil. Jadi diperhitungkan dengan matang sebelum membelinya.

  • Bedong

Perubahan dari dalam perut ibu ke dunia tentu memberi banyak perubahan bagi bayi. Ia yang semula merasakan kehangatan di dalam perut ibu, sekarang merasakan hawa dingin di luar. Sehingga fungsi bedong kepada bayi sehabis mandi memberikan kehangatan sehingga bayi harus beradaptasi dan sediakan minimal 6 bedong untuk membungkus bayi.

  • Perlengkapan tidur:

  • Kasur tidur
Kalau aku sih bayi tidur bersama dengan kita di kasur empuk  rapih yang cukup luas agar tidak tertindih saat tertidur.

  • Perlak
Perlak itu sebagai alas tidur agar bayi tidak mengompol sehingga kasur tidak menjadi kotor.

  • Kapas atau Tisu Basah
Keduanya digunakan membersihkan kelamin bayi saat pipis atau pergi kalau kapas sih saat dirumah kalau tisu basah biasanya kalau lagi pergi sih.

  • Perlengkapan Mandi
Bak bayi biasanya  belinya di borma, pasar dan lain sebagainya. Ember tempat menaruh pakaian bayi yang kotor. Handuk bayi ketika selesai mandi perlu handuk. Washlap kalau bayi sakit mandinya pakai washlap. Tempat jemuran bayi juga sediakan selain baju kakaknya, baju bayi juga pasti butuh tempat jemuran. Sabun plus shampoo  khusus bayi saat mandi ada banyak disediakan terserah mau merek apa saja yang pasti cocok dengan bayinya. minyak telon menghangatkan perut sang bayi. Guna adanya kain kasa dan alkohol untuk kompres tali  pusar yang belum terlepas. Gunting kuku biasanya kuku bayi cepat tumbuh jadi selalu sediakan gunting kuku.

  • Meja bayi

Barang-barang yang ada diatas tadi disimpan di meja tersebut.

       2. Persiapan fisik dan mental menjelang persalinan:
  • Persiapan fisik:
  1. Kalau saya sih yoga yang berfungsi untuk kelancaran persalinan nanti terus gerakan-gerakan ringan Bisa juga ibu mengepel lantai dengan merangkak yang dapat dilakukan setiap pagi hari. Lakukan gerakan tersebut secara relaks. Gerakan tadi berfungsi menghindari posisi bayi sungsang.
  2. Usahakan tidur miring berfungsi agar bayi turun. Serta Jangan lupa latihan pernapasan. Caranya ambil napas dari hidung dan keluarkan dari mulut karena nanti kunci kelahiran bayi ialah napas yang kuat dan panjang. Tenang saja nanti ada instruksi dari dokter atau bidan yang akan membantu persalinan kita.
  3. Ibu hamil butuh gizi yang seimbang sangat membutuhkan asupan nutrisi bagi diri maupun janin. Gizi seimbang ini terdiri dari kalori,protein, lemak, vitamin dan mineral sehingga meningkatkan kesuburan dan kesehatan sang ibu hamil. Bagi bayi mempengaruhi kecerdasan otak dan tumbuh kembangnya.
  4. Istirahat yang cukup bagi ibu hamil sebab tidak boleh lemah dan capek.
  5. Kita bisa cari tahu aktivitas mengurus bayi seperti memandikan, memberi ASI, memakaikan baju,popok dan bedong bisa liat youtube parenting.
  • Persiapan mental
  1. Menghindari stres bagi ibu hamil berpengaruh emosi hormon progesteron dan estrogen meningkat berkali-kali lipat dengan cara berdoa kepada Sang Pencipta kita.
  2. Menghilangkan rasa khawatir dengan sering memeriksa kondisi kandungan secara rutin dan melaksanakan saran dari dokter.
  3. Mempersiapkan mental suami harus bekerjasama dalam merawat bayi ibu kelak. Karena kehadiran seorang bayi baru adalah kesepakatan istri dan suami.

 Pokonya selalu persiapkan dengan baik dan matang supaya nanti saat persalinan nanti entah besok, atau sekarang Sang Maha punya rencana yang terbaik!

Siap-siap menjadi Ummi bagi kedua anak nanti!

Comingsoon...


Doain iya dedekku InsyaAllah lahiran bulan depan .

Komentar

MilaFauziAmalia mengatakan…
Semoga lancar persalinanya.. sehat ibu dan debay nya...❤️
Nyonya Faruq mengatakan…
Ya terimakasih atas perhatiannya aamiin ya

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan