Bersedekah dan Produktif Dalam Rumah Saja Bisa Jadi Cara Membantu Sesama Saat Pandemi Ala Ummi

"Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (bersedekah) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dan pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran)." Al-Baqarah: 261
Bersedekah ialah hal yang paling disukai Nabi Muhamad SAW  karena manfaat bersedekah ialah mengundang datangnya banyak rezeki,menyembuhkan penyakit, menjauhkan kesulitan orang yang mengalami kelaparan. Selagi kita hidup dan mampu untuk bersedekah seperti membantu seperti saat ini musim wabah pandemi mungkin banyak keluarga orang lain diluar sana kehilangan pekerjaan maka sebagai seorang manusia banyaklah membantu. Membeli martabak di gojek bisa membantu penghasilan si mamang martabak karena pada musim pandemi ini mungkin dagangannya tidak laku. Salah satunya di grup WA  ada  seorang ibu yang suaminya kehilangan pekerjaan karena di phk dan dia baru mencoba berjualan online saya sebagai orang manusia membeli sedikit jualannya karena saya masih punya rezeki. Karena berbagi dengan sesama itu adalah hal yang mengurangi beban orang lain. Banyak komunitas yang saya ikuti di WA  salah satunya @temannoesa  memberikan sembako pada yang membutuhkan seperti masyarakat yang lebih luas lansia, ojek online, dan lain sebagainya yang rela membantu demi membantu sesama. 

Salah satu yang aku salut dari berita seorang anak yang menabung artinya dia  tergerak berempati terhadap kurangnya alat kesehatan dia bersedekah dengan ikhlas. Kita sebagai orang dewasa patut meneladani  sikap anak kecil  yang bersedekah tersebut tanpa pujian dari siapapun juga.

Selain bersedekah ada cara lainnya yaitu dengan produktif dalam rumah saja. Tidak  berpergian saat ini tahukan keadaan sekarang sedang membahayakan kecuali kalau penting. Itu juga kalau kita berpergian setelah pulang harus mandi dan cuci tangan.  Misalnya menulis,membaca,menonton film dan memasak, main game, bermain dan banyak lagi aktivitas kreatif yang bisa kita kerjakan sehingga kita tidak bosan di rumah saja.


Kalau kamu bagaimana kamu membantu sesama saat pandemi ini?



Komentar

t h y a mengatakan…
di masa pandemi ini bener2 bisa jadi ladang pahala kita yaa mba dengan cara bersedekah..

semoga wabah ini segera berakhir.. Amiinn..

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan