Book Review Selena dan Nebula Karya Tere Liye


 Walaupun sudah berumah tangga tapi tidak ada salahnya membaca buku. Pada 18 Maret 2020 saya pesan di online buku Pre-Order kelanjutan dari serial kisah Raib,Seli, dan Ali. Itulah kado terindah  dua puluh enam tahun tanggal 19 maret tahun 2020.Menerima paket buku tersebut  bahagianya diri ini sebagai penggemar buku milik Tere Liye penerbit Gramedia selalu punya penulis yang terbaik. Salah satunya Tere Liye karya sastranya patut di acungi jempol. Waktu adanya seminar di Unpad Jatinangor   kalau ga salah  banyak yang antusias melihat karya penulisnya langsung menjelaskan tentang karyanya promosi bukunya kalau ga salah . Apalagi sekarang buku bulan dan sampai sekarang sangat suka bukunya hingga Nebula. Penulisnya sederhana sekali menurutku tapi banyak sekali karya sastranya termasuk kumpulan puisinya.  Baiklah inilah sekilas book review Selena dan Nebula dari saya silahkan simak ya…



Identitas Buku:
Judul: Selena
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
368 hlm; 20 cm
ISBN: 9786020639512
Digital ISBN: 9786020639529
Rating ****
 
Foto dari hape pribadi di edit menggunakan VSCO Ayeey!
   
Sinopsis Buku:

SELENA dan NEBULA adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia parallel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan.
Kedua buku ini juga menceritakan tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualng ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan mereka berakhir buruk,saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka,egoisme, dan pengkhianatan.
Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia parallel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia parallel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya.
Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran.



Resensi Buku:

Dalam buku Selena  Tere Liye lebih menceritakan biografi dari latar  Miss Selena yang berasal dari klan bulan seperti di serial sebelumnya di sekolah Akademi Bayangan Tingkat tinggi  Si antagonisnya adakah yang bisa menebak? Itulah awal pertemuan dengan Selena. Sosok itulah yang muncul di cermin kamarnya Selena memberikan misi . Lalu memberi si keriting kekuatan klan bulan cita-cita bersekolah di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi  sekolah berteknologi atau disingkat ABBT sekolah khusus petarung akhirnya terwujud.

Buku ke 8 ini menampilkan setting Kota Tishri, Klan Bulan yang merupakan tempat tinggal selama bersama orang tuanya dan setelah orang tuanya meninggal pindah ke apartemen tempat tinggal pamannya.  Sekolah Akademi Bayangan Tingkat Tinggi sekolah modern dengan fasilitas lengkap beserta dosen terbaik. Berada di Distrik Lembah Gajah terletak  di sebuah lembah dengan hutan dengan beberapa rumah desa dan penduduknya bekerja sebagai  petani,  peternak dan pemburu.
Dengan kekuatan ‘supernya’ Selena menerobos ke sekolah tersebut padahal ia tidak lolos tes ketiga tapi karena keteguhannya ia merusak acara pertama sekolah ABBT sehingga Master Ox diinterogasi melihat kekuatan Selena melawan panitia yang disebut Orde Angkatan 75 dibantu Tazk dan Mata. Pokoknya keren deh  Itulah awal persahabatan antar mereka.
Bertemu pelajaran mata kuliah baru dan karakter dosen yang berbeda-beda.. Sambil belajar disana si keriting menjalankan misi dari sosok yang menhantuinya di cermin itu. Maka disana mengintai  mengendap, ‘meminjam’ barang dosen tanpa menghilangkan jejak apapun. Lalu liburan seperti tidak terjadi apa-apa.
Semoga itu membawamu ke jalan kebaikan,bukan sebaliknya, karena seorang pengintai dengan jalan kegelapan.” Itulah pesan dari Bibi Gill (halaman.181).
Tapi masih menceritakan  Ali, Raib dan Seli yang mencari tahu siapa orangtua kandung dari Raib. Miss Selena menceritakan masa lalunya bertemu dengan orang tuanya Raib yang merupakan  misteri yang selama ini dirahasiakan Miss Selena.
Selain itu cover bukunya yang berwarna hijau ilustrasi kereta terbang memang keren dan ilmu pengetahuan dan bangunan khas  klan bulan membuat penasaran kelanjutan bukunya bagi sang penggemar serial ini .





Nama tokohnya unik-unik di keluarga ibunya ada Jem, paman Raf,bibi Leh,Am,Im, Um, Em dan Om. Di tempat Selena bekerja sebagai pekerja konstruksi ialah Bow,Aq. Dosen ABBT  Master Ox, Bibi Gill. Sahabat terbaiknya Mata dan Tazk. Temannya Boh.Tokoh tambahan orde angkatan 75 dan mahasiswa senior juga lainnya. Kalau karakter  Mata ialah berkarakter santai suka membaca novel dan suka gigau saat tertidur. Tazk ialah orang sempurna nilai semester A selain mantan boyband  mungkin seganteng orang korea hihi awas dikeplak suami. Bibi Leh sendiri baik hati karena ingin mempunyai anak perempuan maka sangat menyayangi Selena. Paman Raff sendiri ialah pemimpin di keluarga tapi pelit dan kasar. Aq mau berbagi ilmu dengan memberikan modul kepada Selena.Bibi Gill menurutku dosen bijaksana. Boh kasian sekali deh kalau dia selalu kena sial dan sedih.
Gaya bukunya yang saya suka seperti biasa Bang Tere Liye selalu menampilkan fiksi ilmiah  dalam buku novelnya. Sangat cocok bagi penyuka novel fantasi. Tidak pernah bosan Tere Liye mengingatkan kepada kita sang pembaca terselip pesan tersirat dan tersurat tentang  keluarga, persahabatan, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam buku Selena dengan nasehatnya yang tidak menggurui selalu sederhana.
 Ada momen kocak dalam bukunya Selena  ialah“Parsib  melawan Par-Sija “ dalam halaman empat satu. Parsib  tahu  itu aslinya Persib itu seperti pemain bola di Bandung dan Parsija ialah Persija aslinya Jakarta. Dalam bukunya apabila Selena, Tazk dan Mata melakukan kesalahan Master Ox selalu  memanggil dengan sebutan “Bulan sabit gompal!” itu selalu menjadi lelucon dan hiburan buku Selena karya Tere Liye.

Jujur saya sebagai pembaca setia buku tere liye dari saya masih single sampai sekarang sudah mau punya dua anak sangat merekomendasikan  buku ini dengan penerbit Gramedia Pustaka Utama berhasil membuat pembaca tersihir  sebagai buku Best Seller  di rak toko Gramedia Bandung Indah Plaza. Namun  langsung belanja online karena tidak bisa ke toko buku gramedia karena ada virus corona maka belilah secara online saja. Betapa senangnya saya melahap kedua buku ini sebagai pembaca setia yang menyukai buku. Saran saya semoga suatu saat ada film bioskopnya pasti seru mengalahkan film Harry Potter karena pembaca seperti berada dalam novel tersebut dan bikin penasaran dari halaman satu ke halaman lainnya apalagi endingnya masih teka-teki dan tidak terduga.
Foto Buku Nebula dari hape pribadi sedikit di edit VSCO hehe.



Identitas Buku:
Judul :Nebula
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
376 hlm;20 cm
ISBN: 9786020639536
DIGITAL ISBN: 9786020639543
Rating: ****

Sinopsis Buku:

SELENA dan NEBULA adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia parallel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan.
Kedua buku ini juga menceritakan tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan mereka berakhir buruk,saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka,egoisme, dan pengkhianatan.
Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia parallel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia parallel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya.
Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran.

Resensi Novel:
Tazk dan Selena mencari cawan keabadian apakah itu dan seperti apakah? Dapatkah mereka menemukannya? Apa hubungannya dengan klan Nebula? Lalu setelah menemukannya apa yang terjadi dengan mereka? Petualangan mereka berakhir buruk? Dan buku ini menjawab tentang orangtua dari Raib  Buku ini dijamin bikin tegang.

Amazing setelah  membaca buku ini imajinasi yang tidak pernah dipikirkan orang lain sang penulis dengan tepat bisa membawa pembaca terhanyut dalam buku ini. Selain sampulnya yang abu menunjukkan pesan tersirat dan tersurat buat kita semua sebagai manusia.

Buku ini dikemas tentang persahabatan, ilmu,dan teknologi kisah ini bisa jadi ada di sekeliling kehidupan kita segala konflik yang ada dalam buku ini memberikan banyak nasihat tersendiri. Salah satunya pesan untuk kita semua seperti quote di bawah ini:
Sepertinya aku mendapat pemahaman baru di klan ini. Melihat kehidupan  dan kesederhanaan  mereka. Lihatlah, Selena, mereka datang dari klan dan pengetahuan dan teknologi paling maju  di dunia parallel,tapi  ‘merayakan’ kehidupan dengan bersahaja. Mereka menyayangi kehidupan, menghormati alam sekitar, dan seperti sungai jernih  yang indah, mereka mengalir anggun melewati hari demi hari. Tanpa peduli kapan siang datang, kapan malam datang.” (hal.268).
Sekian dan terimakasih review buku Selena dan Nebula dari saya.


Komentar

Elsa mengatakan…
ya ampun bacanyaaa bikin semakin kepo. baru beres baca sampai bintang huhu tere liye selalu sukses dengan imajinasinya. enggak sabar bikin pengen baca! makasih reviewnya mbakkk, up to date sekali hehe
Nyonya Faruq mengatakan…
hehe iya emang bikin kepo ternyata masih ada kelanjutannya ya...
Unknown mengatakan…
Nais resensi 😁
Amirotul Choiriah mengatakan…
kayaknya bagus ya mba, aku ada bukunya. belum sempat baca. kali ini mau baca deh

Postingan populer dari blog ini

Amalan Untuk Muslimah Ketika Ramadhan

Peristiwa Ramadhan Bersejarah Menjadi Teladan yang Baik untuk Umat Islam Masa Kini

Day 28 HAPPY SHOPPING