Kelas Online Bersama Teman Bumil -Yuk Menjaga Kesehatan Bumil di Tengah Covid- 19




30 Maret kemarin ikut kelas online di aplikasi teman bumil  oleh dr. William TOmotius Wahoni, SpOG. Berikut penjelasannya:


Covid-19 adalah penyakit akibat infeksi coronavirus jenis baru yang belum ditemukan pada manusia. Penyakit ini muncul pertama kali di Wuhan,Provinsi Hubei,RRT. Virus penyebabnya dinamakan SARS-oV2 11 Februari 2020 WHO mengumumkan nama resmi untuk penakit yang disebabkan coronavirus baru yang menimbulkan wabah di Wuhan tahun 2019. Nama resminya COVID-19 yang merupakan singkatan 'CO'yakni'corona, 'VI' untuk 'virus', dan  'D' untuk 'disease' atau penyakit.

Siapa saja bisa tertular Covid-19. Akan tetapi orangtua, terutama yang berusia 60 tahun dua kali lipat.Terutama orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah seperti penderita kanker yang dalam kemoterapi salah satunya.Virus ini menular dari manusia A ke B, C,D,E melalui batuk atau bersin, penderita yang terhirup, mata orang sehat. Virus ini menular melalui kontak erat dengan orang yang sudah terinfeksi serta kontak dengan benda yang terkontaminasi virus setelahnya mrnyentuh mata, hidung, dan mulut.

Upaya mencengah cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir. Namun apabila tidak ada air sabun bisa gunakan hand sanitizer berbasis alkohol 70 persen, Apabila setelah BAB, BAK, sebelum dan sesudah memegang bayi dan sebelum menyusui ,sebelum makan, dan benda yang dicurigai terpapar virus.Gunakan masker saat kita sakit, jangan banyak beraktivitas di luar rumah.

Untuk bumil pantau gerakan janinya dikatakan normal bila minimal terdapat  satu gerakan setiap jan atau ada minimal 10 gerakan dalam 10 jam. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan minum vitamin hamil  yang mencukupi kebutuhan mikronutrisi tubuh selama kehamilan. Tunda untuk periksa kandungan, tetapi  Nah untuk ibu bersalin ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila sudah ada tanda persalinan saja ya...

Jadi harus tunda periksa kandungan kalau tidak ada gejala apa-apa ya. Itu  demi janin dan diri kita keselamatan lebih penting. Kalau tambahan dari Ummi jangan lupa berdoa, berdzikir dan mengaji. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan