Tradisi Sebelum Ramadhan Munggahan

Day 9


Biasanya sebelum melakukan puasa sebulan lamanya ada tradisi Munggahan acaranya berkumpul bersama keluarga menyambut bulan Ramadhan disertai ceramah bahwa ramadhan tamu agung berlomba lomba untuk mendapatkan Lailatul Qadar dengan berbuat kebaikan dengan menahan amarah, menahan nafsu supaya dijadikan orang yang bertaqwa mentaati perintah Allah. Baru hiburan keponakan bernyanyi lagu Ramadhan kepunyaan Opick. kebetulan sekalian acara ultah Mbah Putri.


Acaranya dimulai dari mengaji dan mendengarkan ceramah dengan hikmat baru ditutup dengan doa. Setelah berdoa meminta maaf atas kesalahan dan khilaf apabila ada salah diantara satu sama lain. Foto satu keluarga supaya jadi kenangan terindah. 

Baru acara makan makan sekaligus makan kue tart ulang tahun Mbah Putri. Puding ikan, cilok, baso tahu dan nasi tumpeng berisi nasi kuning dan beberapa lauk seperti ayam bakar,mie goreng dan beberapa sambal pedas serta lalaban selada, bonteng, dan labu kukus juga buah buahan jeruk, nanas,melon dan semangka.


Alhamdulillah anakku yang kedua dan ketiga disuapi oleh neneknya sedangkan saya menyuapi anak pertama persiapan sebelum bulan puasa. Anakku paling suka nasi kuning, mie goreng, bonteng makan dengan lahap. Anakku pun tertidur nyenyak 


Sebelum puasa biasanya malam hari menjelang puasa berdoa datang bulan ramadhan dan sudah bisa tarawih setelah sholat isya.


Jadi sebelum bulan puasa tradisi ramadhan Munggahan dan pertama kali sahur sekitar jam dua dan tiga pagi ada beduk sahur membangunkan orang untuk supaya sahur dan adanya pemberitahuan bila ada imsak lewat toa masjid.


Segitu aja tulisan dari saya boleh komentar tradisi ramadhan di kota kamu dirayakan seperti apa boleh di tulis di kolom komentar ya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan