Yuk Ketahui Syarat dan Rukun Itikaf Ketika Ramadhan

 I'tikaf berasal dari kata 'akafa 'alaihi, senantiasa atau berkemauan kuat untuk menetap masjid untuk beberapa hari sepuluh hari terakhir Ramadhan atau biasa disebut Lailatul Qadar yaitu beribadah dan berdoa dzikir kepada Allah dengan sepenuh hati.

Adapun i'tikaf ada syarat yaitu muslim dan muslimah, sudah dapat membedakan antara yang haq dan bathil, suci dari hadast kecil atau hadast besar dan suci dari nifas atau haid.

Rukun i'tikaf ada pelaku yang melakukan beribadah dalam masjid dan ada tempat untuk beritikaf.Bahwasanya " Setiap masjid yang memiliki imam dan muazzin sah untuk dijadikan sebagai tempat beri'tikaf. (HR. Abu Hanifah, Imam Ahmad, Ishaq dan Abu Tsaur). 

Ternyata dalam beri'tikaf itu ada syarat dan rukun yang harus dilakukan seorang yang sedang melakukan itikaf dengan beribadah mendekatkan diri dengan tulus dan ikhlas berniat melakukan demi hanya pada Allah semata mengesampingkan hal dunia yang terlalu fana dan melelahkan untuk bisa mendapatkan Lailatul Qadar yang dirindukan .

Sekian dulu postingan kali ini saya cukupkan tulisan hari ini sampai di next postingan..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Support Systemnya Ngeblog Perlu Emang??