Amalan Ramadhan Mengugurkan Dosa

 Sebagai seorang muslim dan muslimah perintah puasa ketika Ramadhan adalah kewajiban. Ada banyak keistimewaan di bulan satu ini yaitu apabila kita puasa Ramadhan dan beribadah dengan sungguh-sungguh dosa kita akan diampuni oleh Allah asal niat dan beribadah hanya kepada Allah saja dan berikut ini adalah amalan yang menggugurkan dosa kita yang telah lampau:



1. Shaum Ramadhan

Karena shaum Ramadhan adalah perintah dari Allah ada dalan Qs.2(Al Baqarah):183:


 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ


183. Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

 Karena puasa adalah kewajiban yang wajib dikerjakan kita dapat pahala tapi apabila tidak dikerjakan dapat dosa kecuali orang yang sakit dan sedang haid atau nifas ya.

2. Sholat Sunat dan Sholat Wajib 

Seperti yang kita ketahui puasa Ramadhan berlipat ganda sholat wajib dan sholat sunat dapat dilakukan. Kalau sholat wajib lima kali dalam sehari tentunya dan jika ingin mendapatkan tiket masuk menggugurkan dosa boleh banget sholat sunnat di bulan berkah ini.

3.  Tarawih

Sholat Tarawih hanya ada di bulan Ramadhan saja yang pasti ini adalah salah satu cara yang menggugurkan dosa kita. Dilaksanakan setelah sholat isya bisa dilakukan di masjid secara berjamaah maupun dirumah masing-masing. Adapun rakaat ada yang 11 rakaat adapula yang sampai 21 raka'at. 

4. Zakat fitrah

Nah untuk membersihkan harta karena harta kita adalah titipan semata  dengan 2,5% bisa berupa uang atau beras.  Zakat fitrah biasanya ada saat Ramadhan tiba.

Perintah zakat sendiri ada dalam QS. 9( At-taubah:103):

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "Ambillah zakat dari harta mereka (guna) menyucikan) dan membersihkan mereka, dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS At-Taubah: 103)


5. Qiyamullail

Ternyata qiyamullail sholat tahajud, bisa juga melanjutkan sholat tarawih ibadah tersebut dapat membersihkan dosa yang telah lama dengan sholat malam dan membaca Qur'an dan bagi seorang wanita menyusui bayi dan merawat anaknya yang sakit itu bisa menjadi ibadah walaupun sang ibu tidak sempat sholat malam. Jadi tidak perlu khawatir lagi kalau seorang ibu yang tidak sempat beribadah qiyamullail. Karena yang dilakukan dari kita bangun pagi sampai tidur lagi bernilai ibadah di mata Allah.


Itulah amalan yang dapat mengugurkan dosa kita baik secara sengaja atau tidak sengaja. Dosa kecil atau besar kalau kita niat san bersungguh-sungguh Allah yang akan mengampuni dosa kita. Sesungguhnya Allah maha Pengampun lagi maha penyayang kepada kita semua aamiin...






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Support Systemnya Ngeblog Perlu Emang??