Sifat-sifat yang Menghancurkan Pahala Ramadhan?

 



Assalamualaikum sobat blogger yang tercinta Ramadhan adalah bulan penuh berkah jangan sampai saat kita malah puasa yang didapatkan hanya dosa sudah capek puasa sampai Maghrib yang didapatkan hanya dosa untuk informasi lebih lanjut mengenai sifat yang dapat menghancurkan pahala berpuasa yang menimbulkan mudharat bagi kita semua agar kita tidak termasuk golongan orang berdosa berikut ini adalah sifatnya:

1. Ghibah adalah perbuatan dilarang agama kita karena tidak berguna dan tidak bermanfaat kehidupan aib orang lain dibuka meskipun berkata fakta itu tidak boleh dilakukan. Misalnya seorang artis sedang hits ada haters membicarakan keburukan orang lain padahal belum tentu lebih baik dari orang yang dibicarakan tersebut.

2. Menyebarkan fitnah  juga dilarang sebab belum tentu kebenarannya dalam peribahasa fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan pernah dengar peribahasa seperti itu bukan? Karena fitnah bisa menimbulkan  konflik yang besar. Contoh kasus ada seorang wanita karir yang kerja dan pulang malam dan gonta ganti yang anter seorang tetangga jahil  berprasangka buruk di sekitarnya mulutnya bisa menyebarkan informasi salah padahal yang antar sang wanita tersebut adalah supir grab  cuman karena mulutnya tetangga jahil pada berprasangka buruk. Bahaya juga kalau disekitar kita ada orang berperilaku tersebut menyebabkan dosa bagi dirinya sekaligus orang yang menjadi korban kejahilan tersebut.

Dalam Al-Qur'an juga sudah tertera bahwa perbuatan ghibah dan berprasangka buruk dilarang tertulis dalam QS: Al-Hujurat ayat 12  

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.


3. Adu domba

Ketika ada yang suka adu domba menyebabkan fitnah merusak menjadi konflik dengan cara menghancurkan antara si Fulan dengan Fulan sehingga keduanya saling membenci menyebabkan retak pertemanan mereka. Ketika hal itu terjadi orang yang mengadu domba kesenangan karena keretakan pertemanan antara orang yang dibenci sudah hancur.

4. Dusta atau berbohong suatu perbuatan tercela yang dilarang di agama kita biasanya orang yang berdusta tidak amanah terhadap janji-janjinya itu di lain waktu. Biasanya ini ada pemilihan seorang 

5. Membuat Janji Palsu

Apalagi kalau seorang membuat janji palsu yang manis di awal saja jangan sampai kita terlena oleh janji palsu tersebut. 

Jangan pernah kita lakukan perilaku seperti itu semua adalah toxic bagi diri dan agama telah melarang semua itu karena tidak baik untuk kita semua bukan hanya pas Ramadhan saja harusnya dalam berkehidupan bermasyarakat tenang damai tanpa ada rasa iri dengki benci dunia ini butuh orang yang mencintai kedamaian bukan hidup dengan kebencian terhadap orang lain.

Sekian artikel dari saya semoga dengan adanya dalil ini berhenti membuat dan mencontoh perilaku yang dilarang agama kita baik orang dewasa harus Itulah mengapa perilaku ghibah adu domba menyebarkan fitnah dusta dan membuat janji palsu tidak diperbolehkan dalam agama kita. Mumpung bulan ramadhan kejarlah kebaikan dalam hidup ini bernilai pahala dan manfaat buat diri dan orang lain. Dimulai dari diri kita sendiri berbenah agar yang kita capai menggapai Ridho-Nya.

Semoga kita dijauhkan dari sifat yang menghancurkan pahala puasa dan dijauhkan dari api neraka yang menyebabkan puasa Ramadhan malah jadi dosa kita banyak pikirkan lagi lisan kita adalah kunci lebih baik menghindar dan jauhi lingkungan toxic ya agar puasa kita lebih baik dan berkah tentunya..


Apakah kamu pernah melakukan salah satu perilaku tersebut  dan kalau ada dalil atau hadist share aja ya di kolom komentar...







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan