The Prayer Ummi Ranger

Menjadi Ummi adalah sebagai bentuk ibadah seorang ibu rumah tangga dalam berkeluarga. Dalam tulisan yang lalu "The Power Of Ummi Adah" yaitu melahirkan dan sebelum melahirkan yaitu menikah merupakan sunnah Rasul. Ibadah seorang Ummi menyusuinya sampai dua tahun, menganti popok, merawatnya, mencintainya,mengasihinya, mendidiknya dengan tauhid. Tauhid sendiri ialah pegangan pokok dan sangat menentukan bagi kehidupan manusia, karena menurut pandangan Islam tauhid menjadi landasan bagi setiap amal. Tauhid yang akan menghantarkan manusia kepada kehidupan yang baik dan kebahagiaan yang hakiki di alam akhirat nanti. Dan amal yang tidak dilandasi dengan tauhid akan sia-sia, tidak dikabulkan oleh Allah dan lebih dari itu, amal yang dilandasi dengan syirik akan menyengsarakannya di dunia dan di akhirat

Dalam quran surat 2:233 perintah seorang ummi untuk menyusui anak yang dilahirkannya.

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آَتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuhyaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”
Maka ajarkan anakmu dengan mengenal tuhan-Nya, mengenal mentauladani para rasul dan pendahulunya misal para sahabat nabi. Tak lupa mengenal  sepuluh malaikat, memahami dan mengamalkan qur'an.

Maka Nabi Luqman sebagai orang tua yang diteladani qur'an maka kita sebagai hamba Allah patut mencontoh Nabi Luqman seperti pada surat luqman ayat 13 yang berbunyi: 

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepadanya, ‘Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar."
Manusia harus berbuat baik kepada kepada kedua orang tuanya sebab ibunya mengandungnya dan melahirkan dalam keadaan lemah masih dalam quran surat luqman ayat 14:
وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْناً عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
” Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapakya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada ku dan ke dua ibu bapak mu, hanya kepada ku lah kembalimu.” 

Tulisan ini dari facebook teman dari mertuanya sahabat pena, kakak shalihah ummi yuk disimak:

Seandainya..
Seandainya wanita tahu.. besarnya pahala hamil, melahirkan dan menyusui adalah setara dgn pahala amal jihad fii sabilillah ..
Seandainya wanita tahu.. ganjaran setiap sakit pedihnya melahirkan dan lelahnya terbangun di tengah malam adalah digugurkan nya dosa2 yg telah lalu ..
Seandainya wanita tahu membimbing dan mendidik anak2 mereka menjadi insan mujahid yg sholeh dan sholehah akan menghantarkan ke syurgaNyaa..
Andai wanita tahu ... betapa berlimpahnya Rahmat, Maghfiroh dan Ridho Alloh yg akan mereka terima ..
Seandainya wanita tahu...
-Maka wanita akan berlomba2 memperbanyak keturunannya ..
-Malu dengan keluhan2 nya bila terkadang Alloh uji dengan sedikit kesulitan ..
-Selalu berbesar hati dan ingin selalu kuat dalam meniti jalan menuju ampunan dan Kasih sayangNya ..
Ahh .. seandainya ..
Ya .. seandainya kami selalu ingat ..
Ya Alloh .. ampunilah kelalaian dan kekhilafan kami ..
Bimbinglah kami agar selalu Berbesar hati dalam menyongsong ampunanMu.
Dan takut akan perbuatan yg membuat Engkau Murka..
Aamiin Ya Mujiba sailin...

Maka bersyukurlah wahai ibu,ummi,bunda,amma,mamai bahwa anak kita adalah amanah dan bakti kita pada-Nya.

Bonus picture my family


Sekian dan wassalam salam Ummi ranger!

Daftar Pustaka:

 https://almanhaj.or.id/1048-kewajiban-mendidik-anak.html
https://www.facebook.com/elis.m.khansa?__tn__=%2CdCH-R-R&eid=ARDQf6yoXMPKoONaokRijM7PO-3k_8A16fB2L9K6iscmRDo-793JA0iEiJFTrkFnvtKiHgK689Vu3YU0&hc_ref=ARTd0B_plFVB2xg9amcPuUSCGT0PHjECIMn_AyKsjlaU4ZCT9aj8Xuk4-aweN3HX6w8&fref=nf
https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Komentar

Vera Vini Vidi mengatakan…
Semangaaat ummi hebat, anak itu membawa berkah kehidupan yg luar biasa ya ummi masyaAllah ...
Annisa Puspa Kurnia K mengatakan…
MashaAllah mom aku berkaca bacanya... soalnya aku IRT. Banyak yg mandang sbelah mata padahal.. ga cuma beban yg besar ya, pahala juga besar bgt🥺
Sariah Ridwan mengatakan…
Masya Allah luar biasa emang peran ibu.. semoga berkah apa yg kita lakukan ya bund,😍
Renayku mengatakan…
Masya Allah.. aku bacanya terharu.. betapa besarnya perjuangan semua ibu.. kadang suka aneh aja sama orang yg berani2nya cemooh ibu2 yg memiliki kekurangan yg hanya dia lihat sekilas
Rizkhaandhini mengatakan…
Thanks ya mom, aq jadi semakin yakin lagi utk Hamil lagi padahal aq agak rahu krn usia yg sudah 42th

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan