Peristiwa Ramadhan Bersejarah Menjadi Teladan yang Baik untuk Umat Islam Masa Kini

 Assalamualaikum sobat blogger kali ini saya terima tantangan blogger perempuan untuk menyelesaikan misi challenge berbeda tapi lebih menantang deh.

Seperti yang kita tahu bahwa Ramadhan memang memiliki peristiwa Ramadhan yang memiliki sejarah yang terjadi untuk itu kita langsung saja mengetahui lebih banyak lagi.



Ternyata tanggal 17 Ramadhan tahun pertama kenabian saat Wahyu turun dari langit kepada suri tauladan kita Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril saat malam hari di Gua Hira terletak di atas Gunung An-Nur yang beberapa kilometer dari kota Mekkah.



Berikut tanggal 17 Ramadhan 2 Hijriyah atau 13 Maret 623 Masehi  tentang peristiwa kemenangan perang Badar sebagai peristiwa tonggak sejarah eksistensi dakwah dan bukti kekuatan umat menjadi dorongan untuk mencapai kemenangan.  Lalu kembali menang atas Bynzantium perang Amoria tanggal 17 Ramadhan 218 Hijriyah atau 12 Agustus 838 Masehi untuk memberikan pelajaran kepada penguasa Bynzantium untuk tidak meremehkan umat Islam saat kepemimpinan Khilafah Abbasiyah Khalifah Al Mu'tashim Billah. Kemenangan lainnya Perang Ain Jalut di Palestina melawan bangsa Mongol seperti yang kita tahu bahwa bangsa Mongol berhasil meraih kemenangan dalam meluluhlantakkan Baghdad atas izin Allah mampu menahan serangan dan pertahanan peradaban Islam saat itu. Berhasil merebut kembali kota Antokia di rebut oleh Islam tanggal 5 Ramadhan 666 Hijriyah atau 19 Mei 1268 Masehi.

Selanjutnya peristiwa Futuh Mekkah untuk pembebasan kota Mekkah dan tegaknya Islam di Jazirah Arab tanggal 10 Ramadhan 8 Hijriyah atau 1 Januari 630 Masehi.

Sebenarnya banyak sekali peristiwa Ramadhan yang bersejarah tenyata tidak menjadi semangat kendor walaupun saat berperang seharusnya ummat sekarang meneladani sejarah yang terjadi pada peristiwa tersebut.

Dengan semangat beribadah sekaligus mengharapkan pahala pada saat itu memang tidak mudah ada Allah yang menakdirkan kemenangan agung dalam peristiwa Ramadhan yang bersejarah yang telah ditetapkan. Kita sebagai generasi penerus yang harus meneruskan perjalanan estafet ke anak kita.


Sekian dulu tulisan yang saya tuliskan sampai jumpa di postingan berikutnya ya waalaikum salam. 


Komentar

Deris Afriani mengatakan…
Sangat bersyukur kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Hanya perlu melawan hawa nafsu sendiri. Membayangkan perjuangan Nabi dan para sahabat, membayangkan perjuangan saudara muslim di daerah konflik, sungguh seharusnya kita bisa lebih khusuk ya.
Tysa G mengatakan…
Seru banget post nya kak, sayang kurang panjang wkwkwk
Seneng banget aku tuh kalo baca” sejarah islam begini..
Aliyatus sa'diyah mengatakan…
jadi inget pelajaran waktu madrasah sejarah kebudayaan islam, paling seneng soalnya bisa tahu sejarah kenabian juga
Dari zaman sekolah aku seneng banget baca-baca sejarah zaman Rasulullah SAW gini, nambah ilmu dan bikin makin semangat hihi
Rismayani mengatakan…
Semoga dari peristiwa 17 Ramadan ini, sebagai umat muslim bisa memaknai menjadi pribadi yang lebih baik lagi menteladani nabi Muhammad SAW.
Tri Ayu mengatakan…
MashaAllah, baca tulisan ini jadi inget dulu setiap Ramadhan di sekolah, pelajaran agamanya pasti selalu bahas ini.
nurvita indarini mengatakan…
Mantul Mom, aku mau ikutan tapi belum Posting juga. Bismillah menyusul ketertinggalan.

Vita mamanesia.com
Rika Amelina mengatakan…
Masyaallah, banyak peristiwa bersejarah di masa lampau yang terjadi di bulan Ramadan. Alhamdulillah saat ini kita bisa menikmati bulan Ramadan yang tenang ya. Thanks sharingnya mba
Imawati A. Wardhani mengatakan…
Masha Allah, memang kalau ingat perjuangan zaman kenabian itu kayaknya ujian beraaat banget tapi salut sama umat muslim yang tetep kekeuh di jalan Allah. Semoga kita bisa meneladaninya, termasuk selalu ingat untuk banyak-banyak berbuat kebaikan di bulan penuh berkah ini.
Nyi Penengah mengatakan…
Sejarah Islam tu bikin kita makin mencintai Islam. Karena pada dasarnya kan orang gampang merasuk kalau diceritain ya kan.
Duwi lestari mengatakan…
Seneng banget bacanya, jadi teringat jaman masih kecil dulu
Pradita Cyntiawati Yoga mengatakan…
Alhamdulilah aku bisa bertemu di ramadhan taun ini semoga bisa bertemu di ramadhan taun taun berikutnya aamiin yaa allah berikan kami umur panjang dan berkah yaa allah

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan