Manfaat Puasa bagi Kesehatan Manusia

 


Halo sobat blogger yang tercinta kali ini kita bahas manfaatnya puasa Ramadhan bagi kesehatan. Seperti yang kita tahu muslim dan muslimah setiap tahun memiliki satu bulan puasa penuh hal ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kita loh.

Sebelum kita puasa disunnahkan untuk saur yang ada karena Rasulullah menjelaskan dalam hadist sahur itu berkah.

"Makan sahur adalah berkah jangan meninggalkan walau meminum seteguk air sesungguhnya Allah dan malaikat akan memberikan sholawat kepada orang yang sahur." (HR. Ahmad dari Abi Sa'id Al Khudri)


Dengan shaum pola makan yang biasanya dilakukan siang hari sekarang terjadi perubahan masih tetap memberikan ketahanan fisik. Makanan dibutuhkan oleh tubuh menghasilkan energi dihasilkan membakar karbohidrat atau gula darah dalam tubuh dipertahankan dalam jumlah tetap selama kita shaum sehingga kondisi fisik masih tetap dapat dipertahankan. Sehingga pada siang hari kita dapat beraktivitas. 

Manfaat ternyata puasa di sebagai pengontrol berat badan yang efektif. Shaum dapat menahan masuknya karbohidrat secara drastis sehingga gula darah dan insulin turun menurun disebut diet semi lapar (ketogenic) yang efektif sebagai pengontrol berat badan.

Menurut Ibnu Qoyyim Al Jauziyah pola makan Ramadhan membantu mengendalikan nafsu mengkonsumsi makanan dan zat berlebihan 

Selama Ramadhan perut dikosongkan selama sehari mengontrol dan menjaga keseimbangannya dapat menyembuhkan berbagai penyakit disebabkan oleh makanan yang terlalu banyak, penyumbatan usus akut dan sembelit dan shaum adalah cara pengobatan andalan alat pencernaan dalam tubuh manusia lebih baik daripada menggunakan obat pencahar.

Ketika sehari berpuasa di sunnahkan berbuka dengan kurma air dan sejenis sup atau bubur encer dibuat dari gandum diolah bersama kulit dicampur madu. Anjuran berbuka makan yang manis terkandung gula atau glukosa yang dibutuhkan saat berbuka membantu melancarkan pencernaan serta meminimalkan kerja organ pencernaan dengan teratur. 

Aturan makan dalam Shaum menghasilkan suatu obat yang melindungi, melembutkan dan mencairkan gumpalan -gumpalan plethora yang tidak dapat diserap oleh usus atau yang tidak dapat dikeluarkan dengan mudah oleh tubuh.

Beraktivitas di siang hari dan beribadah juga berbuka lantas puasa menambah nyenyak tidur  membantu mengembalikan dan mempercepat molekul saya ingat otak manusia.

Ternyata puasa itu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia itu sendiri selain mengontrol berat badan  ternyata organ tubuh kita beristirahat dari bulan biasanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang membahayakan. Dengan berpuasa ada hikmah yang Allah siapkan untuk hamba agar sehat fisik jiwa dan raga untuk kebaikan kita semua.

Sekian dulu postingan kali ini apabila ada kesalahan kata mohon dimaafkan semangat berpuasa semoga sampai hari ke tiga puluh kita berpuasa penuh Aamiin...

Waalaikum salam .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan