Menjelajah Dengan Membaca Bersama Let's Read

 

Membaca itu seru deh!!!


Kalau saya lagi santai di rumah dan butuh kegiatan bermanfaat, membaca cocok saya lakukan.  Ketika tidak ada tugas sekolah di rumah, saya selalu membiasakan membaca baik itu komik, novel,buku anak,majalah anak dan novel anak. Budaya membaca  menjadi kegiatan  sekaligus hobi favorit dari kecil sampai sekarang ketika sudah menjadi ibu dua anak terkadang masih sering meluangkan waktu untuk membaca saat dua anakku sedang tertidur nyenyak.


Pengalaman membaca saat kecil itu ketika saya sd berkunjung ke perpustakaan karena perpustakaan dekat dengan sekolah dengan jalan kaki menyebrangi jalan. Ketika teman sekolah dan bu guru bosan belajar belajar di ruangan kelas maka kita belajar di perpustakaan. Alhasil semua siswa senang bukan main bukan belajar di kelas yang membosankan mengisi absen kedatangan dan mengerjakan tugas dari sekolah lalu ketika selesai membaca lainnya. Ada banyak buku berjejer di rak yang tersusun rapih. Aroma buku tercium begitu khas dan menjadi favorit. Kita bisa pinjam buku minimal dua saja dan apabila sudah melebihi tanggal pinjamnya ada dendanya dan baru pulang ke sekolah lagi karena tas ada di sekolah dan penutupan kelas dan pulang menaiki mobil jemputan.


 Menjelang liburan sekolah keluarga ke gramedia melihat dan membaca buku yang sudah dibuka plastiknya dari sananya kalau yang belum pernah punya dan belum dibaca dibeli sekaligus membeli buku pelajaran sekolah. Lalu dibacalah ketika sudah sampai di rumah. Itulah sekilas sedikit pengalaman membaca kenangan ketika sewaktu saya kecil. 

Pictures by: Pinterest

"Membaca itu mempunyai banyak manfaat bagi anak yaitu menambah kosakata baru sehingga mencari tahu dan serba ingin tahu. Kedua dapat berimajinasi dengan dunianya dan berpetualang lewat membaca  agar ketika besar nanti menjadi kenangan terindah bagi mereka dengan masa kanaknya yang berbahagia."


  

Semenjak ada keponakan dan dua anakku bukunya harus selalu diawasi sebab kalau tidak bisa-bisa dirobek, di corat-coret dan bisa rusak apabila ketumpahan air, juga masih banyak problem lainnya jika kita membaca dengan buku cetak itulah beberapa kelemahan buku cetak. Ini yang bikin galau para ibu milenial ketika ingin menghadirkan minat membaca kepada anak maupun keponakannya.



Lalu saya tidak sengaja bertemu dengan let’s read Indonesia saat tahun 2020 ketika wabah corona hadir di dunia. Di zaman sekarang serba canggih kita bisa fungsikan laptop dan handphone semuanya kita gunakan untuk  membaca online. Menurutku ini sebuah solusi menumbuhkan minat membaca dengan tema keluarga,hewan, alam dan persahabatan antara gambar yang lucu dan tulisan juga berbagai macam terjemahan dari berbagai bahasa dan negara. Dari mulai bahasa Indonesia sampai bahasa daerah salah satunya bahasa Minangkabau, sunda. Kalau negara lainnya Thailand, Filipina pokoknya bisa belajar bahasa lainnya bisa disetting dengan sesuai keinginan.

Kalau anak sedang belajar membaca bisa menggunakan aplikasi lets read karena disini ada tingkat level kesulitan membaca dari buku pertamaku, tingkat 1 ,tingkat 2, tingkat 3, tingkat 4 hingga tingkat 5 loh. 


dipadukan menjadi cerita yang manis tertuang sangat menarik dengan warna-warni dalam platform digital playstore di Android atau bisa di webnya pokoknya aplikasi ini wajib ada bagi yang mempunyai anak dan keponakan sayarekomendasikan aplikasi ini untuk di unduh sekarang juga ya. Bisa via android di klik saja 

( https://bit.ly/downloadLR). Bisa pula via websitenya (https://reader.letsreadasia.org/). Sehingga membaca itu mengasikkan ketika anak bosan menggambar,mewarnai dan membaca cetak, ataupun beraktivitas lainnya.



Salah satu cerita yang menjadi favorit anak saya mengenai hewan di let’s read Indonesia yang berjudul Rudi. Rudi sendiri ialah kuda dan betapa bahagianya anakku ketika melihat  Rudi si kuda berhasil membuat anak saya senang membaca menyenangkan itu sudah lebih dari cukup membuktikan bahwa aplikasi ini memang untuk buku anak yang semakin langka.


Ya let’s read sangat bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca anak zaman now. Kini kita tidak usah jauh-jauh ke toko buku untuk membeli buku. Bakalan mendongeng setiap hari. 

Segitu saja sedikit review dari saya mengenai let’s read yang merupakan buku digital yang sangat cocok bagi anak dan dapat  mendukung untuk menumbuhkan minat baca anak. Semoga  artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang budiman.

 



Komentar

Mugniar mengatakan…
Saya mau pelajari Let's Read ini ... sudah sering baca review-nya, bagus-bagus. Kayaknya anak saya bakal suka.
Yustrini mengatakan…
Menyenangkan jika anak-anak sudah dikenalkan dengan dunia membaca. Wah, aplikasinya keren.
Rohyati Sofjan mengatakan…
Saya sudah tahu tentang aplokaso Letls Read cuma belum bisa pasanh karena kapasitas penyimpanan ponsel sudah penuh.
Menggunakan aplikasi baca di era pamdemi ini penying bagi anak. Kita juga nisa menghemat uang dengan mengenalkan bacaan dunia kepada anak.
wise mengatakan…
terimakasih banyak infonya. sudah lama tentang lets read ini berseliweran di sosmed tpai saya kurang berminat soalnya nggak nyangka kalau ini gratis.. o ya kalau iklannya ada nggak ya? karena biasanya kalau gratis beriklan
Wenda Witrasari mengatakan…
Wah aku jadi penasaran sama lets read ini lho, kaya perpustakaan online gitu ya, kalo buku2nya tuh ada apa aja macamnya kak? Thanks infonya ya
Saya juga suka pakai aplikasi Let's Read ini untuk membaca bareng anak. Ceritanya bagus-bagus. Bikin anak tertarik dan semangat baca.
Munasyaroh mengatakan…
Saya suka dengan aplikasi ini, membaca jadi lebih menyenangkan bersama bocah-bocah
Dedew mengatakan…
Iya, anak-anak lebih suka buku yang full colour dan ceritanya seru ya..
Sarah Jalan mengatakan…
Jangankan anak anak, saya sendiri senang membaca tapi harus yang ada gambar gambarnya juga, ntah kenapa dari kecil hingga tua begini kalo membaca bisa jadi ketagihan jika ada gambarnya juga, serasa ikut ada disana aja dan lebih faham ceritanya.. Dengan adanya applikasi let's read ini maka akan semakin meramaikan bacaan digital ya bun, sehingga dirumah pun tetap bisa ada kegiatan menemani anak anak
wise mengatakan…
senang ya ada Lets Read, nggak nyangka ini aplikasi bebas unduh. biasanya yang seperti ini ada iuran bulanannya.. jadi pingin coba.. Makasih informasinya
Kata Nieke mengatakan…
Era pandemi jadi banyak berkegiatan di rumah ya. Untung ada aplikasi Let's Read jadi anak bisa baca buku digital sekaligus pelipur bosan karena kudu di rumah terus. Bagus ini ketimbang main gadget terus. Lagian isinya mendidik.
Bayu Fitri mengatakan…
Bagus ya mbak Aplikasi Let's Read ini membuat anak mengembangkan daya imajinansinya
iidyanie mengatakan…
Sekarang untuk membaca tidak susah untuk anak ya tidak ada buku tidak masalah, karena ada aplikasi lets read pilihan ceritanya pun beragam
Annisa Puspa Kurnia K mengatakan…
Waaa baru tau mom lucu jg tokohnya si Rudi ini... ak jg lg getol ji nglatih anak biar suka sm kgiatan membaca dan dngerin dibacakan buku
Annisa Puspa Kurnia K mengatakan…
Waaa sya baru tau mom.. lucu jg ya tokohnya si rudi. Sy pribadi jg lg getol nglatih anak suka mmbaca
Sariah Ridwan mengatakan…
Makasi infonya.. aku juga sempet dengar untuk download lets Read.. penasaran.. tapi blm download juga.. skrg cuss segera aaah😁
Agatha Revindra Widori mengatakan…
Bener banget Mba, apalagi kalo yang dibaca ada gambarnya. Aku suka banget baca komik..haha
Niwanda mengatakan…
Aku pun suka menggunakan Let's Read, banyak bacaan menarik yang kualitasnya sudah jelas terjamin, walaupun tentunya tetap harus disesuaikan dengan kondisi keluarga ya, tapi overall enggak bikin khawatir jadinya kalau ada konten yang secara umum tidak sesuai dengan tujuan edukatif untuk anak.
Renayku mengatakan…
Wah menarik banget ini Let's read.. dulu ortuku bikin aku suka baca dengan ngajak ke toko buku juga.. bahagia rasanya dibeliin buku, tapi sblmnya juga baca gratis, buku2 yang udah kebuka plastiknya hahaha
Indri Cume mengatakan…
Sekarang jadi makin praktis ya udah bisa dilakukan secara online jd gausah ke toko" buku/perpustakaan
Nona Septiana mengatakan…
Aku juga mulai mengajarkan membaca ke anakku Mom.

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan