GIZI PENTING UNTUK DIKONSUMSI IBU MENYUSUI

Assalamualaikum para Ummi sekalian kali ini kita akan membahas tuntas tentang gizi penting yang wajib dikonsumsi ibu menyusui  seperti saya yang baru melahirkan 26 hari yang lalu  dan sebagai sharing dan bayi saat sudah dilahirkan ke bumi ini. 
 Sebagai orangtua kita wajib memberikan nutrisi yang sama pada bayi ketika ia dalam kandungan seperti karbohidrat,lemak,protein,vitamin,mineral,serta air merupakan zat gizi penting untuknya di perkembangan tumbuh kembangnya. Hanya saja, komposisi dan jumlah zat gizi yang dibutuhkan berbeda dengan pertambahan usia serta tumbuh kembangnya.

Berikut ini zat gizi penting untuk dikonsumsi ibu menyusui:

  • LEMAK
Proses tumbuh kembang dan otak si kecil Asi yang anda hasilkan harus mengandung lemak sebab si bayi membutuhkan lemak yang merupakan komponen utama pembentuk otak. Sebagai seorang ibu menyusui konsumsilah ikan kembung,salmon dan sayur hijau tua seperti brokoli,bayam,kangkung,katuk, serta bisa juga minyak dari biji-bijian minyak kedelai dan minyak jagung bisa kita konsumsi.
  • PROTEIN
Seperti yang kita tahu protein itu diantaranya tahu,tempe,ayam,ikan,telur,kacang-kacangan apabila kita para ibu menyusui rutin mengonsumsi protein nabati maupun hewani dalam jumlah yang mencukupi pasti akan terpenuhi  gizi untuk si kecil.
  • VITAMIN
Seorang ibu menyusui harus memenuhi vitamin B1,B2,B3,B12 serta vitamin C yang sifatnya larut dalam air. Ketika itu tambahan asupan vitamin B1 sebanyak 1,5 mg per hari, vitamin B2 1,7 mg per hari, vitamin B3 sebanyak 19mg per hari, vitamin B12 sebanyak 0,4 mcg perhari dan vitamin C 135 mg per hari. Kebutuhan vitamin terpenuhi apabila kita mengonsumsi buah merah dan kuning sayur hijau. 

Zat besi kita konsumsi 19 mg per hari dan kita peroleh  dari daging sapi dan makanan laut. Karena itulah zat besi tersebut dibutuhkan  untuk sel darah merah.

Kalsium juga wajib ada dalam ASI sekitar 950 mg per hari yang akan membentuk tulang dan gigi sang anak
  • MINERAL
Seng (Zn) sangat dibutuhkan bagi ibu menyusi salah satunya daging,telur dan ikan.

  • CAIRAN
Sama seperti biasanya kita dianjurkan minum cairan yang berfungsi membantu produksi ASI cairantersebut memenuhi kebutuhan proses metabolisme di dalam tubuh ibu menyusui. Sebaiknya kita mengonsumsi dalam bentuk air putih sebanyak delapan sampai dua belas gelas sehari. Bisa kita konsumsi dalam bentuk buah,jus buahm sayur berkuah,susu. Kalau saya sih sukanya susu kambing dan susu prenagen menyusui juga asi boosternya teh hangat.

Sekian semoga bermanfaat bagi kita...

Komentar

Mechta mengatakan…
Betul sekali asupan gizi yang tepat sangat penting bagi ibu, terutama ibu hamil ataupun ibu menyusui..
Jeanette Agatha mengatakan…
Informasinya sangat bermanfaat banget ka. Memang ya saat hamil itu harus banget terpenuhi gizinya. Supaya tepat sehat karena makannya ga hanya sendiri tapi berdua dengan baby didalam :)
Vicky Cahyagi mengatakan…
Nutrisi menjadi penting bagi bayi bukan hanya untuk pertumbuhan, tapi juga kecerdasan otak. Nice info
Susi Susindra mengatakan…
Iya, sangat penting untuk mengkonsumsi semua itu secara bergantian dan sesuai dengan jumlah tepat nutrisinya. Dan minum yang banyak.... yang satu ini kadang terlupakan padahal ASI adalah cairan yang diambil dari tubuh kita. Kurang minum bikin kepala agak berat dan mudah ngantuk.
www.derisafriani.xyz mengatakan…
Senang baca postingan ini. Jadi ingat lagi kalau busui harus benar2 cukup asupan. Kadang males makan. Malah gak peduli dengan apa yg dimakan. Padahal masih asi eksklusif.
Demia Kamil mengatakan…
busui emang nggak boseh makan sembarangan ya karena akan berpengaruh juga pada anak yang sedang di susuinyaa, wajib banget makanan makanan yang bergizi
Sulis Nashwa mengatakan…
Iya bun, benar sekali. Memberikan asupan gizi kepada anak itu harus lengkap komposisinya. Tetapi terkadang kita lebih banyak memberikan asupan karbohidrat. Makasih bun atas share, jadi pengingat buat saya untuk memberikan gizi seimbang buat anak.
Afin Yulia mengatakan…
Ibu menyusui memang harus minum banyak. Adik ipar dulu sempat ditegur bidan soal ini.
Yustrini mengatakan…
Wah informasi yang bermanfaat. Memang jadi ibu menyusui harus jaga asupan gizinya biar sehat semuanya.
Blogger Surabaya mengatakan…
Informasi seperti ini bisa syaa bagikan ke taman saya yg sedang hamil, mbak
Wenda Witrasari mengatakan…
Informasinya lengkap banget kakak dan satu persatu dijelaskan termasuk jenis jenis makanannya sangat membantu kita makasih banyak kak
Sabrina mengatakan…
terima kasih mba untuk informasinya, nanti kalau saya hamil jadi tahu apa aja yang wajib dikonsumsi dan pastinya ini akan sangat bermanfaat bagi ibu dna baynya ya, sharing yang sangat bermanfaat
Nurhilmiyah mengatakan…
Masyaallah komplit sekali ya Mba Saadah, kandungan gizi yg dimiliki ASI. ALhamdulillah keempat anak kami terpenuhi smua kebutuhan ASInya minimal 2 tahun

Postingan populer dari blog ini

Day 28 HAPPY SHOPPING

Kurma Buah Kecil Beragam Manfaat

Menjadi Sahabat Al Qur'an di Bulan Ramadhan